fbpx
Kamis April 9th, 2020

Tips Hemat Listrik Saat Work From Home

Pemerintah menghimbau masyarakat untuk membatasi kegiatan diluar rumah hal ini pun dilakukan para pekerja yang biasanya bekerja di kantor, kini harus bekerja dari rumah atau yang kita sebut WFH. Tidak bisa dipungkiri hal ini membuat biaya pengeluaran listrik membengkak, disisi lain banyak orang tidak memahaminya ataupun tidak sadar.

Nah, kalian yang sedang WFH ada tips untuk pemakaian listrik yang bijak agar tagihan listrik tidak membengkak. Simak tips berikut ini :

1. Matikan lampu yang tidak perlu

Perhatikan ruangan yang dipasangi lampu jika memang tidak dipakai lebih baik dimatikan dan gunakanlah lampu bohlam LED, karena lampu bohlam LED 3 watt setara dengan 25 watt lampu biasa, 1 lampu saja sudah menambah biaya tagihan listrik

2. Gunakan cahaya alami dengan membuka jendela-jendela

Dengan kalian membuka jendela-jendela selain bertujuan menerangi ruangan karena sinar matahari yang masuk. Selain itu, udara akan masuk dan membuat sirkulasi udara berjalan baik jadi kalian tidak perlu penggunaan pemakaian kipas angin atau ac secara berlebihan

3. Hemat dalam menggunakan pompa air

Bagi kalian yang tidak memiliki tempat penampungan air bersih seperti toren atau wajan lainnya yang cukup besar, lebih baik menghemat dalam pemakaian air. Dan untuk kebutuhan rumah tangga seperti cuci piring,mencuci baju dan sebagainya lebih baik dilakukan tidak sesering mungkin. Bertujuan agar listrik menjadi hemat karena mesin pompa air memiliki daya watt yang cukup besar, terhitung tarikan listrik awal standarnya 250 watt

4. Cabut saklar listrik yang masih terpasang saat tidak digunakan termasuk charger handphone

Apabila di rumah kalian terdapat alat elektronik yang terpasang tetapi tidak dalam pemakaian maka cabutlah, karena saklar yang masih terpasang masih memiliki arus listrik yang keluar meskipun tidak banyak, hanya sekitar 1 watt, namun banyak orang tidak mengetahui hal ini. Begitupun charger handphone yang masih terpasang namun tidak dalam pemakaian ini disebut dengan vampire listrik, karena listrik disedot tanpa sesuai fungsi pemakaian.

5. Gunakan AC jika perlu saja

Kamar biasanya terpasang AC, namun apakah kalian 1 hari penuh berada dikamar ? kan tentu tidak. Gunakanlah AC seperlunya saja disaat terasa panas, itu pun kita harus bisa sesuaikan temperatur pemakaian agar bisa hemat listrik

6. Gunakan laptop karena lebih hemat listrik dibanding dengan komputer desktop

Nah, yang terakhir ini paling penting untuk kalian yang sedang WFH (work from home) alangkah baiknya menggunakan laptop selain sifatnya portable, laptop memiliki baterai untuk di isi ulang daya baterainya. Ketika status daya baterai full, laptop tidak perlu lagi terpasang charger ke listrik. Ketika baterai 20%  barulah kalian segera isi ulang daya baterainya sambil kalian gunakan untuk bekerja.

Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian semua yang sedang WFH dengan harapan pengeluaran biaya tagihan listrik menjadi hemat disaat kondisi wabah virus corona ini.

Upaya menghemat listrik ini merupakan langkah awal kalian untuk mengatur keuangan kalian yang lebih baik lagi. Evaluasi pengeluaran jadi penting mengingat kondisi ekonomi yang tidak menentu karena dampak dari pandemi global virus corona ini.

Tetap jaga kesehatan dan semangat selalu !

Ikuti kami untuk mendapatkan info lebih tentang kami

Apakah ada yang bisa kami bantu ?

Kami disini untuk membantu anda, Silahkan Pilih Project yang dituju

Inhouse Marketing

Kana Park, Legok Serpong

Online

Inhouse Marketing

Royal Spring Makassar

Online

Inhouse Marketing

Serpong Lagoon, Tangsel

Online

Inhouse Marketing

The River, Parung Panjang

Online

Inhouse Marketing

Royal Sentraland, Makassar

Online

Inhouse Marketing

Batakan Village, Balikpapan

Online

Inhouse Marketing

Sentraland Paradise

Online

Kana Park, Legok Serpong

Saya Tertarik dengan perumahan di Kana Park 00.00

Royal Spring Makassar

Saya Tertarik dengan Perumahan Royal Spring Makassar 00.00

Serpong Lagoon, Tangsel

Saya Tertarik dengan perumahan di Serpong Lagoon 00.00

The River, Parung PanjangIn House Marketing

Saya Tertarik dengan Perumahan di The River Parung Panjang 00.00

Royal Sentraland, Makassar

Saya Tertarik dengan Perumahan di Royal Sentraland BTP Makassar 00.00

Batakan Village, Balikpapan

Hi, What can i do for you? 00.00

Sentraland Paradise

Hi, What can i do for you? 00.00